PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PASIR BERWARNA TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK NUR RAHMA DESA GUNUNG SAKTI BENGKULU SELATAN

Penulis

  • Rosmini Yulia Rahma Dewi UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Asiyah Asiyah UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Fatrica Syafri UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

Kata Kunci:

Media Pasir Warna, Perkembangan kognitif

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kegiatan media pasir berwarna untuk perkembangan kognitif pada anak di TK Nur Rahma Desa Gunung Sakti Bengkulu Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh anak TK Nur Rahma Desa Gunung Sakti Bengkulu Selatan dengan sampel sebanyak 12 anak. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan rata-rata perkembangan kognitif anak yang signifikan antara anak kelompok eksperimen (A1) dan anak kelompok kontrol (A2), untuk nilai dengan nilai probabilitas (sig.)=0.000 < 0.05. Artinya ditolak, sehingga hasilnya menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata perkembangan kognitif pada anak usia dini antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah adanya perlakuan. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kegiatan pasir berwarna terhadap perkembangan kohnitif pada anak usia dini di TK Nur Rahma Desa Gunung Sakti Bengkulu Selatan.

Referensi

Husnida. (2016) . Panduan Pendidik Dalam Mengemplementasikan Kurikulum PAUD 2013, Jakarta Timur: PT Luxima Metro Media.

Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini, Medan: IKAPI.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Stadar Pendidikan Anak Usia Dini.

Reswita, R., & Wahyuni, S. (2018). Efektivitas Media Pasir dalam Meningkatkan Kemampuan Konsep Bilangan pada Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Aisyiyah Bengkalis. Lectura : Jurnal Pendidikan, 9(1), 43-51. https://doi.org/10.31849/lectura.v9i1.927

Safitri, U.P. (2019). Pengaruh Kegiatan Bermain Pasir Berwarna Terhadap Pengenalan Sains Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Kartika 1-17 Kec. Biru-biru, Jurnal Usia Dini Volume 5 No 1.

Salma, S. (2022). Analisis Penggunaan Media Pasir Berwara Pada Anak Kelompok B, Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Kediri, Jurnal Smart PAUD, Vol.3, No.1, Januari 2020.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Suyadi. (2015). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini, 3rd ed, Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Syafri. F. (2019). Urgensi Pemilihan Alat Permainan Edukatif (Ape) (Studi Pada Guru Taman Kanak-Kanak Witri I Kota Bengkulu)." At-Ta'lim: Media Informasi Pendidikan Islam 12.2: 298-312.

Unduhan

Diterbitkan

29-11-2023

Terbitan

Bagian

INSAN CENDEKIA: Jurnal Studi Islam, Sosial dan Pendidikan

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>