IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN RODA BERPUTAR PADA MATA PELAJARAN PAI DI KELAS IV SDN 50 KOTA BENGKULU

Penulis

  • Aini Magfira UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU
  • Asiyah Asiyah UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Alimni Alimni UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran dengan menggunakan media roda berputar dan mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pembelajaran PAI dengan menggunakan media pembelajaran roda berputar di kelas IV SDN 50 Kota Bengkulu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses pembelajaran denganmenggunakan media pembelajaran roda berputar dan untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat pembelajaran PAI dengan menggunakan media roda berputar di kelas IV SDN 50 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kualitatif lapangan bersifat deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan data menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi media pembelajaran roda berputar pada pembelajaran PAI di SD Negeri 50 Kota Bengkulu  bahwa sudah berjalan dengan lancar sebagai bukti bahwa proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam sudah berjalan dengan lancar yaitu proses pembelajaran, metode, sarana dan media yang digunakan, serta sikap siswa dalam mempertanggung jawabkan dalam penggunaan media pembelajaran roda berputar.

Referensi

Alaby, M. A. (2020). Media Sosial Whatsaap Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Mata Kuliah Ilmu Sosial Budaya Dasar (ISBD), Jurnal Ilmu Social Dan Humaniora, Vol 3, No.2

Budiningsih, A. (2005). Belajar Dan Pembelajaran, Jakarta: PT Renika Cipta

Dasopang, M.D. (2017). ”Belajar dan Pembelajaran”Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman Vol,03,no 2.

Departemen Agama RI. (2012). Al-Qur’an dan Terjemahannya. Bandung: Diponegoro

Hamzah, dkk. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Roda Putar Fisika Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa”. Jurnal hasil Kajian , Inovasi, dan aplikasi Fisika. Vol.5. No. 2.

Hartini, R., dk. (2019). Strategi Belajar Mengajar. Bengkulu: Pustaka.

Ibrahim. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.

Indriana, D. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Jogjakarta: Diva Press.

Irawan, M.D. (2018). Implementasi E-Arsip Pada Program Studi Teknik Informatika, Jurnal Teknologi Informasi, Vol.2, No.1. Juni.

Jamun, Y.M. (2018). Dampak Teknologi terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio. Vol. 10 No 1.

Jennah, R. (2009). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Antasari Press.

Novitasari, I, dkk. (2019). Penerapan Model Probing-Promting Learning Berbantu Media Roputar untuk Meningkatkan Kerja Keras Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia.Vol.2.No.2.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Misykat. Vol. 03. No. 01

Simbolon, R. (2019). Penggunaan Media Roda Pintar untuk Kemampuan Membaca Anak. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru sekolah dasar (JPPGuseda), Vol. 02. No.02

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Supriyanto. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. .Jurnal Pendidikan Dasar , vol.II.No1.

Wahid, A. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Jurnal Istiqra’. Vol. V. No. 2.

Unduhan

Diterbitkan

23-08-2022

Terbitan

Bagian

INSAN CENDEKIA: Jurnal Studi Islam, Sosial dan Pendidikan

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>